Berita Terbaru :
Meski Harga Gabah Naik, Petani Tak Jual Semua Hasil Panennya
Mendagri Bilang Ada Kepala Daerah Yang Tidak Serius Tangani Covid-19
   

Dua Bulan Buron Pemalsu Akta Otentik di Balikpapan, Dibekuk Polda Jatim
Hukum  Jum'at, 31-07-2020 | 18:01 wib
Reporter : Yusmana Windarto
Tak hanya di Balikpapan, terpidana ini juga melakukan dugaan penipuan di Surabaya, atas kasus pemalsuan akta dengan obyek yang sama.
Surabaya pojokpitu.com, Setelah menjadi buron Kejaksaan Balikpapan selama dua bulan, terpidana kasus pemalsuan akta otentik akhirnya diringkus Ditreskrimum Polda Jatim. Terpidana yang bebas berkeliaran sejak bulan Mei hingga Juli, Kamis malam, ditangkap di wilayah Darmo Permai.

Terpidana Kastiawan, warga Surabaya yang tinggal di Jalan Mekarsari, Balikpapan ini ditangkap langsung oleh Kasi Pidum Kejaksaan Negeri Balikpapan. Saat ditangkap, terpidana mengenakan kaos warna orange dengan celana jeans pendek di kawasan Darmo Permai, Kamis malam.
 
Penangkapan itu sesuai putusan Mahkamah Agung yang telah inkrah, dalam pasal 266 KUHP tentang pemalsuan akta otentik yang tuntas disidangkan di Balikpapan.
 
Perkara tahun 2017 ini diputus pada Mei 2020, dan melalui proses panjang, mulai dari Pengadilan Negeri dan banding ke Pengadilan Tinggi serta kasasi hingga ke Mahkamah Agung serta diputus pada Mei 2020.
 
Tak hanya di Balikpapan, terpidana ini juga melakukan dugaan penipuan di Surabaya, atas kasus pemalsuan akta dengan obyek yang sama. Korban tertipu karena terpidana merupakan teman akrab. Akibatnya, korban mengalami kerugian ratusan juta hingga milyaran rupiah.
 
"Dari kronologi, korban dan pelaku berencana akan membeli tanah di Kalimantan Timur seluas 4 hektare senilai hampir Rp 1 milyar. Karena percaya, korban memberikan uang senilai Rp 1 milyar kepada pelaku," kata Tonny Suryo, kuasa hukum korban.
 
Namun, setelah mengecek ke pemilik asli tanah, korban merasa tertipu karena lahan yang dibelinya ternyata hanya senilai 160 juta. Merasa tertipu, korban melaporkan ke Ditreskrimum Polda Jatim pada bulan Februari 2020.
 
Akibat perbuatannya, pelaku kini diperiksa dan ditahan di Ditreskrimum dengan kasus penipuan akta, yang diancam hukuman tujuh tahun penjara.(end)
 



Berita Terkait

Dua Bulan Buron Pemalsu Akta Otentik di Balikpapan, Dibekuk Polda Jatim
Berita Terpopuler


Cuplikan Berita
Ratusan Ibu Hamil Swab Massal di Gelora Pancasila
Pojok Pitu

Begini Pengakuan Bupati Menanggapi Pemakzulan DPRD Jember
Pojok Pitu

Karyawan Toko Tipu Korban dan Gelapkan Ribuan Lpg
Jatim Awan

Sebanyak 65 Guru SMP di Surabaya Reaktif
Jatim Awan


Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber