Berita Terbaru :
Mendagri Bilang Ada Kepala Daerah Yang Tidak Serius Tangani Covid-19
   

Hewan Kurban Polres Malang Kena Cacing Hati
Malang Raya  Jum'at, 31-07-2020 | 14:10 wib
Reporter : Khaerul Anwar
Malang pojokpitu.com, Beberapa sapi kurban di Mapolres malang terinfeksi cacing hati. Hal itu diketahui saat diperiksa dokter hewan dari Dinas Peternakan Kabupaten Malang.

Sebelumnya saat hari raya idul adha ini, Mapolres Malang menyembelih sapi sebanyak 12 ekor dan kambing sebanyak 59 ekor. Namun Polres Malang hanya memotong sebanyak 6 ekor sapi dan 10 ekor kambing dalam idul korban, sedangkan sisanya disumbangkan kepada Ponpes dan yayasan lain yang membutuhkan.

Setiap penyembelihan hewan kurban, selalu didampingi dokter hewan dari Disnak Kabupaten Malang. Petugas akan memeriksa jerohan atau dalaman hewan kurban tersebut guna memastikan penyakit cacing hati.

Hasilnya, dari penyembelihan 3 ekor sapi saat diperiksa hati dan pankreasnya ditemukan infeksi cacing hati berada disaluran empedu, dengan jumlah cukup banyak.

Menurut drh.Aris Wahyudi, dokter hewan Disnak Kabupaten Malang, ditemukan 2 hati rusak akibat cacing. Selanjutnya bagian yang rusak dimusnahkan dengan cara dikubur dan disiram solar. Kerusakan hati ini lantaran faktor makanan atau cara pemeliharaan sejak dari peternak.

"Selama hati yang terinfeksi cacing hati sudah dibinasakan, maka keseluruhan daging sapi dinyatakan aman dan masih bisa dikonsumsi," kata drh Aris.

Untuk menghindari pencurian hati yang rusak oleh oknum yang ingin menguntungkan diri sendiri, pihak polres akan menghancurkan dan membuangnya. (pul)




Berita Terkait

Dispertan Kota Madiun Periksa Cacing Hati Hewan Kurban

Periksa Daging Kurban Temukan Cacing Hati dan Paru Rusak

Hewan Kurban Polres Malang Kena Cacing Hati

Petugas Dinas Peternakan Kota Batu temukan Cacing Hati di Hewan Kurban
Berita Terpopuler


Cuplikan Berita
Ratusan Ibu Hamil Swab Massal di Gelora Pancasila
Pojok Pitu

Begini Pengakuan Bupati Menanggapi Pemakzulan DPRD Jember
Pojok Pitu

Karyawan Toko Tipu Korban dan Gelapkan Ribuan Lpg
Jatim Awan

Sebanyak 65 Guru SMP di Surabaya Reaktif
Jatim Awan


Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber