Berita Terbaru :
Rempah Nusantara Potensial Rebut Pasar Dunia
Warung Makan Gratis, Bantu Warga di Tengah Pandemi
Survey ARC Indonesia, Elektabilitas Machfud Arifin Salip Eri Cahyadi
Anggota Fraksi Demokrat Turun Gunung All Out Menangkan Paslon No 1 di Pilkada Pacitan
Tol Krian Kebomas Gresik Sudah Beroperasi Per Desember
Kota Batu Masuk Zona Merah, Ketua Satgas Covid Sebut Ini Penyebabnya
Tersesat Saat Berusaha Kabur, Dua Maling Diamuk Massa
Penjagaan Logistik di Kecamatan Dijaga Selama 24 Jam
Warga Buduran Meninggal Dunia Saat Berolahraga
Antisipasi Kerawanan Pilkada, KPU Belum Distribusikan Surat Suara
Apel Pengamanan dan Simulasi Pilkada Dengan Terapkan Protokol Kesehatan
Ketidaknetralan ASN Pemkot Surabaya Dilaporkan ke Kejati Hingga Mabes Polri
Jelang Pilwali, Kadinkes Bagikan Penghargaan, Wakil Ketua DPRD Surabaya Ingatkan Jaga Netralitas
Sejumlah Sekolah Masih Adakan Tatap Muka
Kenaikan Covid di Jatim Mencapai 460 Orang
   

Forum Umat Lintas Agama Demo Pengadilan Negeri Tuban
Pantura  Rabu, 29-07-2020 | 14:03 wib
Reporter : Khusni Mubarok
Puluhan umat anggota Klenteng Kwan Sing Bio yang tergabung dalam Forum Lintas Agama, menggelar aksi demo di depan Kantor Pengadilan Negeri Tuban, Rabu (29/7) siang. Massa memprotes kebijakan Majelis Hakim PN Tuban, terkait putusan sela dalam gugatan perdata proses pemilihan dan pelantikan pengurus Titd Kwan Sing Bio periode 2019-2022. Foto Khusni Mubarok
Tuban pojokpitu.com, Polemik kepengurusan Klenteng Kwan Sing Bio Tuban, terus bergulir. Bahkan, tempat ibadah umat Tri Dharma di jalan RE Martadinata ini, digembok oleh salah satu kubu pengurus. Saat ini, tak ada aktifitas ibadah di klenteng terbesar di Asia Tenggara itu.

Maka Rabu (29/7) siang, puluhan umat anggota Klenteng Kwan Sing Bio yang tergabung dalam Forum Lintas Agama, menggelar aksi demo di depan Kantor Pengadilan Negeri Tuban. Massa memprotes kebijakan majelis hakim PN Tuban terkait putusan sela dalam gugatan perdata proses pemilihan dan pelantikan pengurus Titd Kwan Sing Bio periode 2019-2022.

Majelis hakim memerintahkan para tergugat untuk tidak melakukan tindakan pelantikan atau pengambilan sumpah dan janji, terhadap susunan pengurus dan penilik Klenteng Kwan Sing Bio Tuban, periode 2019-2022, sampai gugatan dalam perkara ini berkekuatan hukum tetap.

Menurut kuasa hukum pengurus Klenteng Kwan Siong Bio Terpilih Tio Eng Bo, Anam Warsito, putusan sela itu menimbulkan kegaduhan dan merusak suasana beribadah umat yang sebelumnya berjalan tenang dan damai. 

Pasalnya, putus sela dibuat pada tahun 2020. Sedangkan proses pelantikan pengurus telah dilakukan pada tanggal 13 Oktober 2019 silam. "Sehingga permintaan penggugat atas tidak dilakukan pelantikan itu sudah telat karena pelantikan dilakukan di tahun 2019," kata Anam Warsito.

Aksi ini, juga mendapatkan perlawanan dari kubu pengurus domisioner Klenteng Kwan Sing Bio. Serta mendapat pengawalan ketat dari petugas kepolisian, sehingga tidak sampai terjadi gesekan.

Sementara itu, Heri Tri Widodo, Kuasa Hukum Bambang Djoko Santoso selalu penggugat mengatakan, para pendemo dinilai merasa tidak puas dengan adanya putusan sela. Padahal putusan sela telah dijatuhkan sejak dua bulan lalu. "Demo ini sengaja dilakukan untuk mempengaruhi independensi hakim yang menangani kasus polemik kepengurusan Klenteng Kwan Sing Bio Tuban," kata Heri Tri Widodo.

Setelah berorasi kurang lebih setengah jam, perwakilan Umat Anggota Klenteng Kwan Sing Bio yang tergabung dalam Forum Lintas Agama ditemui oleh Humas Pengadilan Negeri Tuban, Donovan Akbar Kusumo. Dihadapan perwakilan pendemo, Donovan Akbar Kusumo menyampaikan, akan melaporkan aspiras para pendemo kepada unsur pimpinan untuk menjadi bahan pertimbangan.
 
Sebatas diketahui, Bambang Djoko Santoso salah satu umat kleteng Kwan Sing Bio, mengajukan permohonan gugatan perdata ke PN Tuban. Terkait proses pemilihan pengurus dan penilik baru, yang dinilai melanggar aturan dan inkonstitusional. Dalam pemilihan tersebut, Tio Eng Bo ditunjuk sebagai Ketua Umum Titd Kwan Sing Bio Tuban periode 2019-2022. Kemudian Tan Ming Ang dipercaya umat sebagai ketua penilik klenteng. (pul)

 



Berita Terkait

Kericuhan Warnai Rencana Pembukaan Gembok Titd Kwan Sing Bio Tuban

Forum Umat Lintas Agama Demo Pengadilan Negeri Tuban
Berita Terpopuler
Kawanan Begal Todongan Pistol Rampas Motor Milik Remaja
Peristiwa  9 jam

Laka Elf Vs Truk, 3 Korban Meninggal Dunia Terbakar
Peristiwa  11 jam

Survey The Republic Institute: Penantang Berpeluang Terpilih
Pilkada  8 jam

Ketidaknetralan ASN Pemkot Surabaya Dilaporkan ke Kejati Hingga Mabes Polri
Politik  6 jam



Cuplikan Berita
Fenomena Alam Awan Berbentuk Cincin Ramai Diperbincangkan
Pojok Pitu

Banjir Kiriman Rendam 54 Rumah Warga di Kawasan Kota
Pojok Pitu

Laka Elf Vs Truk, 3 Korban Meninggal Dunia Terbakar
Jatim Awan

Semeru Erupsi, Ratusan Warga di Kecamatan Pronojiwo Semeru Mengungsi
Jatim Awan


Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber