Berita Terbaru :
Pandemi Covid 19, BKKBN dan Komisi IX DPR RI Kampanye KB
Ternyata Tanah Negara di PPU Maospati Diperjualbelikan
Nisan Juke Sruduk Avanza, Begini Jadinya
Merah Putih Tegak Berkibar di Mabar
Polisi Malang Ungkap Penjualan Motor Leasing
Parade Nusantara Tuntut Revisi UU 2/2020 yang Hapus Dana Desa, Hari Ini Agenda Perbaikan Gugatan
Seluruh Parpol Ngawi Deklarasi Usung Pasangan OK
Beredar Surat Keterangan Bebas Covid 19 Palsu
Setiajit-Armaya Resmi Kantongi Rekom PDIP di Pilkada Tuban
Tiga Tenaga Kesehatan Pungpungan Positif Covid-19
Memalukan, Muda Mudi Ini Berbuat Senonoh di Areal Taman Adipura Sumenep
Rem Blong, Truk Hantam Mobil dan Motor
Janda Mucikari Jual Anak Bau Kencur Tarif Rp 800 Ribu
Bocah Diduga Disunat Makhluk Halus Gemparkan Warga Tuban
Hasil Swab, 19 Pegawai Dispendukcapil Positif Virus Corona
   

Forum Umat Lintas Agama Demo Pengadilan Negeri Tuban
Pantura  Rabu, 29-07-2020 | 14:03 wib
Reporter : Khusni Mubarok
Puluhan umat anggota Klenteng Kwan Sing Bio yang tergabung dalam Forum Lintas Agama, menggelar aksi demo di depan Kantor Pengadilan Negeri Tuban, Rabu (29/7) siang. Massa memprotes kebijakan Majelis Hakim PN Tuban, terkait putusan sela dalam gugatan perdata proses pemilihan dan pelantikan pengurus Titd Kwan Sing Bio periode 2019-2022. Foto Khusni Mubarok
Tuban pojokpitu.com, Polemik kepengurusan Klenteng Kwan Sing Bio Tuban, terus bergulir. Bahkan, tempat ibadah umat Tri Dharma di jalan RE Martadinata ini, digembok oleh salah satu kubu pengurus. Saat ini, tak ada aktifitas ibadah di klenteng terbesar di Asia Tenggara itu.

Maka Rabu (29/7) siang, puluhan umat anggota Klenteng Kwan Sing Bio yang tergabung dalam Forum Lintas Agama, menggelar aksi demo di depan Kantor Pengadilan Negeri Tuban. Massa memprotes kebijakan majelis hakim PN Tuban terkait putusan sela dalam gugatan perdata proses pemilihan dan pelantikan pengurus Titd Kwan Sing Bio periode 2019-2022.

Majelis hakim memerintahkan para tergugat untuk tidak melakukan tindakan pelantikan atau pengambilan sumpah dan janji, terhadap susunan pengurus dan penilik Klenteng Kwan Sing Bio Tuban, periode 2019-2022, sampai gugatan dalam perkara ini berkekuatan hukum tetap.

Menurut kuasa hukum pengurus Klenteng Kwan Siong Bio Terpilih Tio Eng Bo, Anam Warsito, putusan sela itu menimbulkan kegaduhan dan merusak suasana beribadah umat yang sebelumnya berjalan tenang dan damai. 

Pasalnya, putus sela dibuat pada tahun 2020. Sedangkan proses pelantikan pengurus telah dilakukan pada tanggal 13 Oktober 2019 silam. "Sehingga permintaan penggugat atas tidak dilakukan pelantikan itu sudah telat karena pelantikan dilakukan di tahun 2019," kata Anam Warsito.

Aksi ini, juga mendapatkan perlawanan dari kubu pengurus domisioner Klenteng Kwan Sing Bio. Serta mendapat pengawalan ketat dari petugas kepolisian, sehingga tidak sampai terjadi gesekan.

Sementara itu, Heri Tri Widodo, Kuasa Hukum Bambang Djoko Santoso selalu penggugat mengatakan, para pendemo dinilai merasa tidak puas dengan adanya putusan sela. Padahal putusan sela telah dijatuhkan sejak dua bulan lalu. "Demo ini sengaja dilakukan untuk mempengaruhi independensi hakim yang menangani kasus polemik kepengurusan Klenteng Kwan Sing Bio Tuban," kata Heri Tri Widodo.

Setelah berorasi kurang lebih setengah jam, perwakilan Umat Anggota Klenteng Kwan Sing Bio yang tergabung dalam Forum Lintas Agama ditemui oleh Humas Pengadilan Negeri Tuban, Donovan Akbar Kusumo. Dihadapan perwakilan pendemo, Donovan Akbar Kusumo menyampaikan, akan melaporkan aspiras para pendemo kepada unsur pimpinan untuk menjadi bahan pertimbangan.
 
Sebatas diketahui, Bambang Djoko Santoso salah satu umat kleteng Kwan Sing Bio, mengajukan permohonan gugatan perdata ke PN Tuban. Terkait proses pemilihan pengurus dan penilik baru, yang dinilai melanggar aturan dan inkonstitusional. Dalam pemilihan tersebut, Tio Eng Bo ditunjuk sebagai Ketua Umum Titd Kwan Sing Bio Tuban periode 2019-2022. Kemudian Tan Ming Ang dipercaya umat sebagai ketua penilik klenteng. (pul)

 



Berita Terkait

Forum Umat Lintas Agama Demo Pengadilan Negeri Tuban
Berita Terpopuler
Lagi, Perawat Senior RS Delta Surya Meninggal Akibat Covid 19
Metropolis  16 jam

Hasil Swab, 19 Pegawai Dispendukcapil Positif Virus Corona
Covid-19  5 jam

Punggung Naga, Jalur Ekstrim Menuju Puncak Piramid
Mlaku - Mlaku  17 jam

Polisi Malang Ungkap Penjualan Motor Leasing
Peristiwa  2 jam



Cuplikan Berita
Ratusan Ibu Hamil Swab Massal di Gelora Pancasila
Pojok Pitu

Begini Pengakuan Bupati Menanggapi Pemakzulan DPRD Jember
Pojok Pitu

Awal September Subsidi Gaji Dari Pemerintah Cair 1,2 Juta
Jatim Awan

Lupa Mematikan Kompor, 1 Rumah di Bojonegoro Terbakar
Jatim Awan


Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber