Berita Terbaru :
Merah Putih Tegak Berkibar di Mabar
Polisi Malang Ungkap Penjualan Motor Leasing
Parade Nusantara Tuntut Revisi UU 2/2020 yang Hapus Dana Desa, Hari Ini Agenda Perbaikan Gugatan
Seluruh Parpol Ngawi Deklarasi Usung Pasangan OK
Beredar Surat Keterangan Bebas Covid 19 Palsu
Setiajit-Armaya Resmi Kantongi Rekom PDIP di Pilkada Tuban
Tiga Tenaga Kesehatan Pungpungan Positif Covid-19
Memalukan, Muda Mudi Ini Berbuat Senonoh di Areal Taman Adipura Sumenep
Rem Blong, Truk Hantam Mobil dan Motor
Janda Mucikari Jual Anak Bau Kencur Tarif Rp 800 Ribu
Bocah Diduga Disunat Makhluk Halus Gemparkan Warga Tuban
Hasil Swab, 19 Pegawai Dispendukcapil Positif Virus Corona
Siswa Tuna Netra Kelas 1 SLB Ikut Lomba Hafalan Alquran Tingkat Asia
PKB Rekom Gus Ipul Maju Pilwali Kota Pasuruan
Tabrak Dump Truk Parkir, Seorang Pengendara Tewas di Mojokerto
   

Alasan Menggunakan Aplikasi POS bagi Keberhasilan Bisnis
Teknologi  Senin, 27-07-2020 | 11:59 wib
Reporter :
pojokpitu.com, Sistem POS atau Point of Sale merupakan software sales yang otomatis dimana kasir tinggal memasukkan produk, menghitung biaya dari si pelanggan dan melakukan transaksi. Sistem POS bisa dibilang sebagai mesin kasir yang manual dan memperbaiki sistem penjualan yang sudah lama. Tetapi sistem POS memiliki banyak sekali manfaat dan tidak sekedar menjadi mesin pencatat penjualan.

Dengan menggunakan aplikasi POS yang canggih, ada banyak hal yang bisa anda lakukan misalnya melacak inventaris, stok barang, membuat daftar pesanan yang dibutuhkan hingga mengetahui semua hal tentang pelanggan anda. Tidak bisa dipungkiri bahwa aplikasi POS membuat anda bisa mengontrol bisnis anda.

Anda bisa mengetahui kebutuhan pelanggan anda dan menawarkan item tertentu. Bukan hanya mengetahui soal pelanggan, anda pun bisa mengidentifikasi kinerja dari staf anda dan anda juga bisa memberikan pelatihan untuk karyawan yang paling membutuhkan sehingga setiap orang memiliki tingkat pengetahuan yang sama.

Alasan Menggunakan Aplikasi POS untuk Bisnis

Berikut ini beberapa keuntungan dalam bisnis yang akan anda dapatkan jika menggunakan sistem POS:

1. Memudahkan Manajemen Karyawan

Aplikasi POS bisa digunakan untuk memeriksa penjualan yang dilakukan setiap karyawan. Hal tersebut bisa digunakan untuk memberikan reward yang sesuai dengan kinerja setiap karyawan.  Ini akan membuat karyawan bisa bekerja dengan lebih efektif dan lebih termotivasi untuk bekerja dengan lebih baik. Hal tersebut akan meningkatkan penjualan dan layanan pelanggan secara tidak langsung. 

Keunggulan melacak aktivitas karyawan inilah yang membuat pebisnis semakin yakin untuk memanfaatkan sistem POS. Penggunaan kode identifikasi yang unik (kode petugas) karyawan secara individu bisa dihubungkan dengan transaksi tertentu, terlepas dari banyaknya anggota staff dengan mesin yang sama. 

Anda bisa mengidentifikasi mana karyawan dengan angka penjualan yang sangat kuat atau sangat lemah serta bisa menumbuhkan persaingan sehat dalam bisnis dan memungkinkan mengambil tindakan tepat jika ada karyawan yang dinilai kurang kompeten. 

2. Manajemen Stok

Dalam bisnis, manajemen stok membutuhkan sangat banyak waktu. Ini menjadi hal yang sangat sulit bagi sebagian orang. Setiap produk kadang memiliki banyak spesifikasi seperti rasa, warna dan ukuran yang berbeda. Dengan aplikasi POS, maka anda bisa melakukan kontrol terhadap penjualan dan pesanan dengan lebih akurat. Anda juga lebih mengetahui jumlah stok setiap produk yang tersedia. Anda bisa mengkategorikannya. 

Manajemen persediaan sangat penting bagi keberhasilan bisnis anda. Manajemen inventaris yang tepat bisa membantu mencegah terjadinya kekurangan produk sehingga anda bisa tetap menyimpan cukup persediaan dan jumlah barang di gudang tidak melebihi stok. 

Dengan adanya manajemen persediaan, anda bisa menghemat banyak uang dalam melakukan perhitungan inventaris dna memastikan bahwa catatan anda akurat. Strategi manajemen persediaan yang baik juga bisa membantu anda menghemat banyak uang yang mungkin akan terbuang secara percuma.

Cara Memilih Aplikasi Kasir Terbaik :

1. Memeriksa kebutuhan akan hardware tertentu 

2. Harga yang cukup terjangkau

3. Mudah digunakan dan tidak telalu ribet

4. Keamanan data dalam aplikasi 

5. Perhatikan review dari sesama pebisnis

 

3. Kecepatan dalam Akses Laporan

Bagi pelaku bisnis, laporan menjadi hal sangat penting untuk mengevaluasi bisnis yang telah berjalan dalam satu periode tertentu. Jika anda menggunakan sistem konvensional, anda mungkin membutuhkan bantuan ahli untuk bisa menyusun laporan dengan baik. Selain itu, anda masih harus menunggu sampai laporan bisnis anda selesai. Ini tentunya akan memakan cukup banyak waktu terlebih lagi jika anda sedang membutuhkannya dalam waktu yang cepat.

Dengan adanya sistem POS atau aplikasi kasir online, anda bisa mendapatkan laporan dalam waktu yang relatif cepat. Aplikasi kasir sudah menyimpan banyak data yang bisa diolah ketika sedang menyusun laporan. Hanya dengan satu klik saja, anda bisa mengakses laporan bisnis anda dengan sangat akurat. Anda juga bisa memeriksa laporan dalam bentuk grafik. 

4. Mempercepat Transaksi

Pelanggan tentu malas terjebak dalam antrian panjang ketika membeli sesuatu. Bukan tidak mungkin, pelanggan akan mengembalikan barang-barang yang ingin mereka beli jika antrean terlalu panjang. Mereka merasa tidak perlu membuang waktu dan memilih membeli di tempat lainnya. 

Sistem POS memungkinkan proses transaksi menjadi lebih cepat dibandingkan dengan mencatat uang tunai, khususnya jika menggunakan scan barcode untuk identifikasi produk. Sistem POS memungkinkan pengguna untuk melibatkan pelanggan dan memastikan bahwa mereka mendapatkan kesan yang baik dari bisnis anda. 

5. Meningkatkan Efisiensi

Aplikasi kasir online jauh lebih cepat dibandingkan dengan register kas manual. Seluruh kegiatan mulai membaca barcode produk hingga transaksi kartu kredit lewat internet akan lebih menghemat waktu anda sehingga membuat pelanggan dan pemilik bisnis bisa terbebas dari stres. 

Anda bisa menggunakan alat tambahan untuk mempercepat proses penjualan seperti pemindai barcode, uang tunai elektronik hingga mesin EDC (Electronic Data Capture), dan printer faktur/invoice. Anda tidak perlu menggunakan cara yang ketinggalan zaman seperti menuliskan tagihan pada selembar kertas. 

Jika anda menggunakan sistem POS, maka tingkat kesalahan pun sangat bisa diminimalisir. Menurut statistik, pencatatan secara manual bahkan bisa menyebabkan sebuah kesalahan. Sedangkan tingkat kesalahan dari sistem POS terbilang sangat kecil. 

Ini akan memudahkan pekerjaan staf terhadap sistem yang mereka gunakan. Sebagai pemilik bisnis, anda bisa menghemat lebih banyak uang perusahaan jika pelanggan berkurang akibat kesalahan yang telah anda lakukan sebelumnya. 

Ini juga mempercepat proses transaksi serta membuat perputaran  uang menjadi lebih cepat dan lebih efisien. Dengan potensi jumlah pelanggan menjadi lebih banyak per jam, ini akan membantu anda untuk meningkatkan pendapatan perusahaan dalam jangka panjang.

Ameera, Aplikasi Kasir Online Terbaik untuk Pebisnis

Jika anda membutuhkan aplikasi kasir online dan sistem POS terbaik untuk bisnis, maka Ameera bisa menjadi pilihan yang tepat. Ameera menyediakan fitur yang lengkap, sederhana dan mudah digunakan. Ameera juga mengintegrasikan seluruh aspek bisnis, mulai dari proses transaksi hingga laporan bisnis. 

Data-data dari sistem Ameera Kasir Online bisa memberikan analisa dan laporan bsisni yang akurat dan lengkap. Laporan tersebut bisa anda akses dengan mudah kapan saja dan dimana saja. Ameera bisa digunakan oleh pebisnis dari berbagai background mulai pebisnis UMKM hingga Franchise yang memiliki ratusan outlet. 

Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut, hubungi nomor 02131110678.

FAQ

Apa saja fitur-fitur yang dimiliki Ameera? 

- Transaksi, mengelola barang, laporan harian, dan printer portable & multi device.

Apa keuntungan menggunakan Ameera? 

- Menghemat biaya operasional, mengetahui segala detail penjualan yang ada di gerai, mengantisipasi kesalahan/mengurangi peluang kecurangan yang bisa dilakukan pegawai, menekan biaya pengeluaran yang tidak terkontrol.

*) Konten ini ditulis oleh Core Freelancers, partner digital marketing anda.


Berita Terkait

Alasan Menggunakan Aplikasi POS bagi Keberhasilan Bisnis
Berita Terpopuler
Lagi, Perawat Senior RS Delta Surya Meninggal Akibat Covid 19
Metropolis  15 jam

Hasil Swab, 19 Pegawai Dispendukcapil Positif Virus Corona
Covid-19  4 jam

Punggung Naga, Jalur Ekstrim Menuju Puncak Piramid
Mlaku - Mlaku  16 jam

Indahnya Hamparan Hijau Bukit Betitang dan Buki Candi Diujung Selatan Probolingg...selanjutnya
Mlaku - Mlaku  14 jam



Cuplikan Berita
Ratusan Ibu Hamil Swab Massal di Gelora Pancasila
Pojok Pitu

Begini Pengakuan Bupati Menanggapi Pemakzulan DPRD Jember
Pojok Pitu

Awal September Subsidi Gaji Dari Pemerintah Cair 1,2 Juta
Jatim Awan

Lupa Mematikan Kompor, 1 Rumah di Bojonegoro Terbakar
Jatim Awan


Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber