Berita Terbaru :
   

Penobatan Dewan Adat Majapahit Disambut Dengan Kirab Budaya dan Arak Arakan Tumpeng
Tempo Doeloe  Senin, 20-07-2020 | 12:00 wib
Reporter : Aminuddin Ilham
Mojokerto pojokpitu.com, Puluhan masyarakat bersama sejumlah tokoh adat majapahit, menggelar ritual adat pada leluhur serta mengirab budaya dan mengarak lima tumpeng keliling kampung. Kegiatan adat majapahitan, yang berlangsung Minggu (19/7) siang, dilakukan sebagai upacara penobatan dan pengkuhan ketua dewan adat majapahit di wilayah Kabupaten Mojokerto.

Kirab budaya majapahit ini, diawali dengan ritual atau upacara adat untuk mendoakan dan meminta restu terhadap lelehur yang digelar di suatu tempat lelehur atau punden yang dikeramatkan oleh warga setempat.
 
Setelah melakukan ritual adat, puluhan masyarakat Desa Sampang Agung dan tokoh adat melakukan kirab budaya dengan mengarak pataka dan 4 tumpeng keliling kampung. Tumpeng yang diarak memiliki simbol dan makna tersendiri bagi masyarakat adat majapahit.
 
Ki Eko Purbo Diningrat, pembina budaya majapahit, mengatakan, tumpeng emas,memiliki makna kejayaan dan keemasan bagi masyarakat dewan adat majapahit, tumpeng kendit, dimaknai sebagai satu kesatuan yang terikat dan tumpeng kuat, merupakan kekuatan dari jiwa yang kokoh serta tumpeng pangapuro,disimbolkan sebagai ampunan pada yang kuasa dan lelehur.
 
"Kirab budaya majapahit dan arak arakan empat tumpeng di Desa Sampang Agung,Kecamatan Kutorejo,Kabupaten Mojokerto ,merupakan bagian dari penobatan dan pengukuhan ketua dewan adat majapahit yang baru terpilih untuk  memimpin dewan adat selama lima tahun ke depan," kata Ki Eko Purbo Diningrat.
 
Dalam kirab budaya majapahit dan arak arakan tumpeng, masyarakat dewan adat majapahit juga menggelar doa bersama dan berharap musibah pandemi covid 19 segera berakhir di bumi nusantara,yaitu Indonesia. (yos)

Berita Terkait

Penobatan Dewan Adat Majapahit Disambut Dengan Kirab Budaya dan Arak Arakan Tumpeng

Kirab Budaya Ratusan Dewa Diarak Keliling Jombang

Seminggu di Kota Probolinggo, Puluhan Peserta Ikuti Kirab Pawai Budaya Nusantara

Kirab Budaya Khas Ponorogo , Ekstrim dan Mulai Punah
Berita Terpopuler


Cuplikan Berita
Janji Datangkan Samurai 500 M, Korban Justru Tertipu Rp 18 M
Pojok Pitu

Diduga Akibat Puntung Rokok Dibuang Sembarangan, Savana Kawah Wurung Terbakar
Pojok Pitu

Hingga Malam Hari Bukit Bentar Terbakar, Petugas Masih Lakukan Pemadaman Manual
Jatim Awan

Kebakaran Gudang Margomulyo, Tiga Isi Gudang Ludes Dilalap Api
Jatim Awan


Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber