Berita Terbaru :
Jokowi Kecam Keras Presiden Prancis Emmanuel Macron
   

Musim Panen, Petani Merugi Harga Cengkeh Anjlok
Ekonomi Dan Bisnis  Minggu, 12-07-2020 | 08:23 wib
Reporter : Tova Pradana
Madiun pojokpitu.com, Dampak pandemi wabah corona kini mulai dirasakan para petani cengkeh di Kabupaten Madiun. Sejak pandemi, harga jual cengkeh basah maupun kering anjlok hingga 50 persen dibanding musim sebelumnya. Kondisi tersebut membuat para petani dan pedagang cengkeh merugi, memaksa mereka untuk menyimpan hasil panen hingga harga cengkeh kembali stabil.

Kondisi petani cengkeh di Kabupaten Madiun saat ini tengah lesu. Harapan mereka untuk mendongkrak ekonomi di tengah pandemi covid 19 harus sirna, lantaran harga cengkeh musim ini anjlok hingga 50 persen lebih.

Ini yang dirasakan para petani cengkeh di desa-Kecamatan Kare Kabupaten Madiun ini. Harga jual cengkeh basah maupun kering mengalami penurunan yang signifikan. Untuk harga jual cengkeh basah musim panen ini , hanya berkisar Rp 19 ribu dari harga jual sebelumnya mencapai Rp 25 ribu per kilogram.

Sementara untuk harga jual cengkeh kering musim ini berkisar Rp 57 ribu, dari harga sebelumnya Rp 75 ribu per kilogram. Anjloknya harga jual cengkeh dari petani ini mulai dirasakan sejak adanya pandemi wabah corona 4 bulan terakhir.​

Banyak perusahaan rokok besar di Jawa Timur, seperti Sampoerna dan Djarum masih belum melakukan pembelian kembali cengkeh dari petani karena adanya corona. Sehingga para petani terpaksa menyimpan hasil panen mereka di gudang hingga harga jual kembali stabil.

"Kami menjual sebagian cengkeh kering kepada pedagang lokal untuk kebutuhan hidup sehari-hari dan mencukupi biaya panen," tutur Sunarmi, petani dan pedagang cengkeh​

Dengan kondisi ini, petani cengkeh di sejumlah daerah di Kabupaten Madiun mengaku merugi. Penghasilan utama yang bisa diharapkan tahun ini sirna akibat dampak wabah corona. Untuk memenuhi kebutuhan hidup, para petani masih bisa menjual hasil panenan kebun lainya hingga bekerja serabutan.(end)

Berita Terkait

Dari Rp 200 Ribu, Harga Cengkeh Sekarang Tinggal Rp 49 Ribu

Musim Panen, Petani Merugi Harga Cengkeh Anjlok

Panen Raya, Harga Cengkeh Malah Turun
Berita Terpopuler


Cuplikan Berita
Kapal Motor Muatan Solar Terbakar di Dermaga Pulau Gili Ketapang
Pojok Pitu

Jalan Penghubung Antar Kecamatan Longsor, Kendaraan Roda 4 Tidak Bisa Melintas
Pojok Pitu

Truk Penambang Pasir Terseret Banjir Lahar Semeru
Jatim Awan

Terjatuh Dari Motor Curiannya, Pelaku Babak Belur Dimassa
Jatim Awan


Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber