Berita Terbaru :
Jelang Idul Adha, Harga Sapi di Tuban Justru Turun
Amitabh Bachchan Positif Covid-19
Tak Pakai Masker, Dihukum Push Up dan Membersihkan Jalan
Jadi Saksi Kasus Dugaan Klinik Ilegal, Ivan Gunawan: Ini Pengalaman Berharga
Musim Panen, Petani Merugi Harga Cengkeh Anjlok
Cantiknya Lampu Hias Dari Pipa Paralon Bekas
Duh, Honor Panitia Asian Games 2018 Ternyata Belum Dibayar Semua
Pemuda Asal Krian Ini Ngamen Untuk Nyabu
Mayat Pria Ditemukan di Sungai Beserta Motornya
Lima Ahli Waris dari Tenaga Kesehatan yang Meninggal Terima Penghargaan
IAKMI: PSBB Transisi dan Proporsional Hanya Menyesatkan Saja
   

Penyebab Sakit Perut Usai Sarapan Pagi Ini
Life Style  Minggu, 28-06-2020 | 21:22 wib
Reporter :
pojokpitu.com, Sesibuk apa pun hari Anda, waktu sarapan sebaiknya tidak dilewatkan. Pasalnya, sarapan adalah waktu makan terpenting dalam satu hari. Manfaat sarapan pagi secara rutin bahkan dapat membantu menjaga berat badan lebih stabil dan menurunkan risiko penyakit jantung.

Namun sayang, tak sedikit orang memilih untuk melewatkan rutinitas ini karena kerap mengeluhkan sakit perut setelah sarapan pagi. Dalam beberapa kasus, nyeri memang sering terjadi di sekitar perut setelah menyantap sarapan.Mengapa nyeri perut ini bisa terjadi?

Penyebab Sakit Perut Usai Sarapan Pagi

Hal yang perlu diperhatikan, sakit perut setelah makan biasanya disebabkan oleh pemilihan asupan yang salah. Berikut beberapa masalah yang menjadi penyebab sakit perut setelah sarapan pagi.

1. Intoleransi Makanan Tertentu
Intoleransi makanan adalah penyebab umum sakit perut. Kondisi ini terjadi karena ada masalah pada sistem pencernaan.Misalnya, tidak mampu mencerna gula atau protein tertentu yang terdapat dalam berbagai jenis makanan.  Contohnya, intoleransi laktosa terjadi karena usus gagal menghasilkan laktase, enzim yang membantu tubuh mencerna laktosa. Hasilnya, Anda mungkin mengalami nyeri bahkan kram perut selama beberapa menit jika nekat mengonsumsi susu. Selain susu, ada berbagai jenis intoleransi makanan lain seperti intoleransi fruktosa dan intoleransi terhadap penyedap atau bahan tambahan pada makanan

2. Asam Lambung
Memilih makanan yang berat di pagi hari dapat memicu sakit perut setelah sarapan. Pasalnya, kadar asam lambung mengalami peningkatan saat Anda bangun pagi. Hal tersebut mungkin terjadi, sebab perut juga menghasilkan asam saat makan. Asam itulah yang terkadang berkolaborasi dengan asam lambung yang kemudian mengiritasi lapisan perut hingga bagian usus Anda. Untuk menghindari hal itu, biasakan untuk meminum segelas air putih saat bangun tidur. Air putih dapat membantu menetralkan asam, sehingga perut akan lebih siap menerima makanan. Pilih juga makanan yang tidak terlalu berat untuk dicerna usus, tapi tetap kaya gizi.

3. Alergi Makanan
Hal lain yang dapat menyebabkan sakit perut setelah makan adalah alergi makanan. Berbeda dengan intoleransi makanan, reaksi alergi biasanya juga memicu gejala lain di tubuh, seperti gatal, sesak napas, dan juga bersin.Oleh karena itu, hindarilah asupan yang dapat memicu reaksi alergi di setiap waktu makan.

4. Sindrom Iritasi
Usus Besar Belum diketahui apa penyebab pasti dari sindrom ini. Namun, stres dan depresi disebut sebagai satu hal yang dapat memperparah keadaan. Salah memilih makanan juga dapat memicu sindrom iritasi usus besar (irritable bowel syndrome). Sindrom iritasi usus besar memiliki gejala seperti sakit perut dan perubahan pola buang air besar (entah itu sembelit atau justru diare). Rasa nyeri bisa terjadi di bagian perut mana saja dan biasanya dibarengi dengan mual dan rasa nyeri di dada. Perut juga sering kembung dan mengeluarkan banyak gas.

5. Penyakit Crohn
Penyakit crohn adalah salah satu penyakit radang usus yang terjadi pada seluruh lapisan dinding sistem pencernaan mulai dari mulut hingga anus.Kondisi ini sangat membuat tubuh menjadi lemah karena gejalanya menyakitkan. Apabila kondisi ini sedang kambuh, rasa nyeri perut akan terasa usai sarapan pagi.

6. Makanan Tinggi Lemak Sakit perut setelah sarapan pagi juga dapat disebabkan oleh makanan tinggi lemak. Jika dikonsumsi saat sarapan, asupan tinggi lemak dapat membuat perut menjadi tidak nyaman dan cenderung sakit perut.

7. Porsi Makanan yang Berlebih
Mengonsumsi jumlah makanan yang lebih dari biasanya akan mudah memicu sakit perut. Porsi makanan yang banyak di pagi hari dengan kondisi perut yang kosong dapat membebani sistem pencernaan. Setelah mengetahui penyebab sakit perut setelah sarapan pagi, Anda sebaiknya menjaga asupan harian Anda. Cegah  nyeri perut datang dengan mengonsumsi menu makanan yang sesuai dengan kondisi perut, dan makan dengan porsi yang wajar saat sarapan.(HNS/AYU/klikdokter)


Berita Terkait

Penyebab Sakit Perut Usai Sarapan Pagi Ini

Horee! Mc D Bagian Ratusan Ribu Sarapan Gratis Chicken Muffin

Apa Hubungan Sarapan Pagi Dengan Kenaikkan Berat Badan?
Berita Terpopuler
IAKMI: PSBB Transisi dan Proporsional Hanya Menyesatkan Saja
Metropolis  12 jam

Mayat Pria Ditemukan di Sungai Beserta Motornya
Peristiwa  12 jam

Lima Ahli Waris dari Tenaga Kesehatan yang Meninggal Terima Penghargaan
Covid-19  12 jam

Pemuda Asal Krian Ini Ngamen Untuk Nyabu
Metropolis  10 jam



Cuplikan Berita
Viral Hasil Tes Rapid Peserta UTBK Berubah
Pojok Pitu

Dokter dan Satpam Postif Covid 19, Puskesmas Wates Mojokerto Ditutup Sementara
Pojok Pitu

Delapan Terkena Corona, Membuat Ribuan Karyawan PT KTI Diliburkan
Jatim Awan

Ternyata Satu Tersangka Pengambilan Paksa Jenazah Positif Covid 19
Jatim Awan


Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber