Berita Terbaru :
Duh, Honor Panitia Asian Games 2018 Ternyata Belum Dibayar Semua
Pemuda Asal Krian Ini Ngamen Untuk Nyabu
Mayat Pria Ditemukan di Sungai Beserta Motornya
Lima Ahli Waris dari Tenaga Kesehatan yang Meninggal Terima Penghargaan
IAKMI: PSBB Transisi dan Proporsional Hanya Menyesatkan Saja
   

Lapas Bojonegoro Gelar Simulasi Layanan Kunjungan Saat New Normal
Hukum  Sabtu, 27-06-2020 | 22:22 wib
Reporter : Samsul Alim
Simulasi meliputi, penentuan jumlah maksimal pengunjung dalam sehari, kesiapan bilik kunjungan, sarana cuci tangan, serta ruang tunggu yang mengedepankan phsycal distancing. Foto Samsul Alim
Bojonegoro pojokpitu.com, Dalam rangka kesiapan menghadapi new normal, Lapas kelas 2A Bojonegoro menggelar simulasi layanan kunjungan dengan mekanisme dan sarana prasarana baru, sesuai protokol kesehatan covid-19.

Simulasi diawali dari membatasi jumlah pengunjung, mempersiapkan layanan tunggu, sterilisasi, hingga ruang besuk yang telah ditata sedemikian rupa, sesuai protokol kesehatan pencegahan covid-19.

Dalam simulasi itu, diperagakan setiap pengunjung yang masuk, dibatasi maksimal satu orang untuk setiap tahanan. Mereka juga diarahkan petugas untuk mencuci tangan terlebih dahulu, di tempat yang telah disediakan. Selanjutnya mereka akan melewati kamar sterilisasi, dan setelahnya baru diperbolehkan menuju ruang layanan kunjungan untuk bertemu dengan tahanan maupun napi yang akan di temui.

Diterapkan pula aturan ketat terkait physical distancing. Setiap pengunjung yang hendak menemui tahanan atau napi, hanya diperbolehkan tatap muka melalui sekat pembatas yang disediakan petugas. Terdapat delapan bilik kunjungan dengan desain khusus, disediakan petugas untuk melayani para pengunjung ini.

Pihak lapas juga menyiapkan fasilitas lainnya, berupa kunjungan jarak jauh, layanan video call. Para tahanan atau napi yang tidak bisa bertemu dengan kerabat dan keluarganya dari dekat, diberi waktu khusus untuk bertemu melalui empat unit layar komputer, dengan durasi waktu sekitar 15 menit.

Kepala Lapas Kelas 2A Bojonegoro, Edy Saryanto menjelaskan, pihaknya terus berproses menyambut new normal. Salah satunya dengan melakukan penyesuaian mekanisme layanan kunjungan warga binaan.

Ruang kunjungannya dirubah, mengikuti protokol kesehatan dan physical distancing, sebagaimana anjuran pemerintah. "Adapun yang boleh berkunjung adalah keluarga inti maksimal dua kali dalam sebulan. Sedangkan teman, sahabat atau tetangga belum boleh menjenguk secara langsung," kata Edy Saryanto.

Meski sudah menyiapkan sarana dan prasarana sejak dini, untuk implementasinya Lapas Bojonegoro masih akan menunggu petunjuk dan arahan dari Dirjen Pemasyarakatan. (pul)









Berita Terkait

Lapas Bojonegoro Gelar Simulasi Layanan Kunjungan Saat New Normal
Berita Terpopuler
IAKMI: PSBB Transisi dan Proporsional Hanya Menyesatkan Saja
Metropolis  5 jam

Mayat Pria Ditemukan di Sungai Beserta Motornya
Peristiwa  4 jam

Pemuda Asal Krian Ini Ngamen Untuk Nyabu
Metropolis  3 jam



Cuplikan Berita
Viral Hasil Tes Rapid Peserta UTBK Berubah
Pojok Pitu

Dokter dan Satpam Postif Covid 19, Puskesmas Wates Mojokerto Ditutup Sementara
Pojok Pitu

Delapan Terkena Corona, Membuat Ribuan Karyawan PT KTI Diliburkan
Jatim Awan

Ternyata Satu Tersangka Pengambilan Paksa Jenazah Positif Covid 19
Jatim Awan


Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber