Berita Terbaru :
Duh, Honor Panitia Asian Games 2018 Ternyata Belum Dibayar Semua
Pemuda Asal Krian Ini Ngamen Untuk Nyabu
Mayat Pria Ditemukan di Sungai Beserta Motornya
Lima Ahli Waris dari Tenaga Kesehatan yang Meninggal Terima Penghargaan
IAKMI: PSBB Transisi dan Proporsional Hanya Menyesatkan Saja
   

Cara Aman Mengendarai Motor di Era New Normal
Otomotif  Minggu, 21-06-2020 | 06:15 wib
Reporter :
Jakarta pojokpitu.com, Masyarakat Indonesia sudah lebih dari tiga bulan menghadapi pandemi COVID-19. Kini, masyarakat bersiap memasuki era new normal, di mana aktivitas luar ruangan secara bertahap berangsur normal dengan menerapkan protokol kesehatan.

Para pengendara motor pun harus membiasakan diri dengan hal-hal baru yang berbeda dari kebiasaan sebelumnya dalam beraktivitas.

"Beberapa hal perlu diperhatikan dan dilakukan para bikers untuk berkendara dengan #Cari_aman di era New Normal, mulai dari sebelum berkendara, cara berkendara hingga setelah berkendara," ujar Manager Safety Riding PT Astara Honda Motor (AHM) Johannes Lucky, dalam keterangan tertulisnya.

Ia mengatakan, sebelum berkendara, sebaiknya melakukan pengecekan suhu tubuh untuk memastikan kondisi badan fit dan sehat. Jika suhu tubuh menunjukkan 37,3 derajat atau lebih, sebaiknya tidak beraktivitas di luar rumah.

Kemudian, kata dia, periksa kondisi sepeda motor yang sudah lama tidak digunakan. Cek kondisi secara ringan seperti kebocoran oli, perhatikan kondisi dan tekanan ban, periksa sistem pengereman dan kopling serta lampu tetap berfungsi baik.

"Selain mengecek kondisi motor, persiapkan riding gear sesuai standar berkendara seperti helm, sarung tangan dan jaket berkendara. Pengendara juga membawa masker cadangan untuk mengantisipasi kotor atau basah saat berkendara, sehingga saat sampai di tujuan tetap dapat beraktifitas menggunakan masker dengan sehat dan nyaman," ungkapnya.

Selain itu, para pengguna juga perlu memperhatikan riding gear yang digunakan dalam era New Normal. Hindari penggunaan helm secara bergantian dan selalu gunakan visor saat berkendara untuk mencegah benda asing masuk serta mencegah mengusap mata saat dalam perjalanan.

Sarung tangan yang digunakan sebaiknya yang menutupi seluruh bagian tangan (full cover). Bila hanya memiliki satu sarung tangan, selalu terapkan cuci tangan sebelum dan sesudah menggunakan sarung tangan.

Utamakan Keselamatan

Pada saat berkendara, selalu utamakan keselamatan baik untuk diri sendiri maupun orang lain. Hindari berkendara melintasi wilayah yang masuk sebagai zona merah, dengan mencari jalur alternatif lainnya.

"Usahakan saat berkendara, tetap cari aman, menjaga jarak dengan pengendara lainnya, serta hanya berboncengan dengan keluarga atau kerabat yang tinggal bersama dalam satu rumah," lanjut Lucky.

Setelah sampai tujuan, pengedara juga wajib mencuci tangan dan mencuci wajah dengan sabun setelah melepas seluruh perlengkapan berkendara.

Riding gear yang telah digunakan dapat disimpan di bagasi motor atau sediakan tas tersendiri.

"Bila memungkinkan, lakukan penyemprotan disinfektan ke riding gear yang telah digunakan dan sarungkan motor dengan kain pelindung saat tidak digunakan agar tidak terpapar udara secara langsung," terangnya. (mg9/jpnn/yos)


Berita Terkait

Cara Aman Mengendarai Motor di Era New Normal
Berita Terpopuler
IAKMI: PSBB Transisi dan Proporsional Hanya Menyesatkan Saja
Metropolis  5 jam

Mayat Pria Ditemukan di Sungai Beserta Motornya
Peristiwa  4 jam

Pemuda Asal Krian Ini Ngamen Untuk Nyabu
Metropolis  3 jam



Cuplikan Berita
Viral Hasil Tes Rapid Peserta UTBK Berubah
Pojok Pitu

Dokter dan Satpam Postif Covid 19, Puskesmas Wates Mojokerto Ditutup Sementara
Pojok Pitu

Delapan Terkena Corona, Membuat Ribuan Karyawan PT KTI Diliburkan
Jatim Awan

Ternyata Satu Tersangka Pengambilan Paksa Jenazah Positif Covid 19
Jatim Awan


Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber